Aplikasi Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UAJY


 

Aplikasi Infopmb merupakan informasi pendaftaran mahasiswa baru per tahun akademik ditiap prodi maupun semua, download rekap mahasiswa baru yang diterima di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.Disamping itu juga ada informasi Angsuran Pembayaran calon mahasiswa baru. Informasi tersebut sangat penting bagi setiap prodi dikarenakan prodi dapat mengetahui berapa banyak mahasiswa yang mendaftar di prodi tersebut sehingga prodi dapat lebih dini memanajemen kelas tanpa harus bertanya ke bagian akademik.

  1. Login KAA dan Umum

Untuk melihat informasi mahasiwa baru dibutuhkan login. Ada 3 role di aplikasi informasi mahasiswa baru ini antar lain KAA, Umum maupun Calon Mahasiswa . Form login diperlihatkan pada gambar 1.

  1. Untuk login KAA masukkan username dan password dan Kode Security lalu tekan tombol LOGIN.
  2. Untuk umum dapat diberikan akses oleh Dekan fakultas dengan Role user yang sudah ditentukan.
  3. Jika berhasil login, form Menu Utama aplikasi terlihat pada gambar 2

1g

Gambar 1 Login

Setelah Login maka akan muncul halaman utama informasi pendaftaran mahasiswa baru. Disini terlihat ada 3 menu yaitu Grafik , Informasi PMB , Download Rekap.

  1. Menu Grafik berfungsi untuk menginformasikan peningkatan mahasiswa baru sesuai dengan tahun akademik yang ditunjukkan dengan gambar 4.
  2. Menu Informasi berfungsi untuk menginformasikan Jumlah Total keseluruhan mahasiswa baru maupun jumlah mahasiswa yang mendaftar di tiap prodi Universitas Atma Jaya Yogyakarta gambar 5.
  3. Download Rekap berfungsi untuk melihat rekap mahasiswa baru dengan format xls yang langsung bisa di download tanpa harus melihat database gambar 9.

2g

Gambar 2

Untuk menampilkan grafik mahasiswa baru setiap prodi yaitu dengan cara pilh Tahun Akademik gambar 3. Contoh : 2011, Setelah tahun sudah dipilih kemudian klik tombol LIHAT DETAIL.

Maka akan muncul halaman baru. Dihalaman ini terlihat Grafik pendaftar mahasiswa yang diterima di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Grafik tersebut menunjukkan total setiap prodi dengan nilai angka. Begitu juga di bawah grafik 2 menampilkan Grafik mahasiswa yang sudah Herregestrasi dan mahasiswa yang lunas pembayaran pertama.

3g

Gambar 3

4g

Gambar 4

 

Untuk melihat lebih detail maka user dapat memilih menu informasi PMB. Dimenu ini user dapat di perlihatkan informasi keseluruhan total mahasiswa baru yang mendaftar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. disini dimunculkan total mahasiswa tiap prodi dengan mahasiswa mendaftar pilihan pertama, pilihan kedua, pilihan ketiga, mahasiswa yang diterima, Lunas angsuran pertama, heregerstrasi dan mahasiswa yang mundur.

Untuk mengetahui lebih jelas mahasiswa yang mendaftar di tiap jalur atau semua maka yang harus dilakukan dengan Langkah langkahnya seperti biasa yaitu pilih tahun akademik dan jalur. Disini terdapat jalur semua keseluruhan jalur dipelihatkan pada gambar 5, jalur antara, atmi, kerjasama, pssb khusus, pssb umum, regular 1, regular 2 , regular 3, unggulan nem, unggulan nem 2, unggulan non akademik, unggulan rangking, unggulan raport, regular online ditunjukkan digambar 6.

5g

Gambar 5

6g

Gambar 6

Apabila user ingin mencetak halaman informasi calon mahasiswa tersebut maka dapat mengklik PRINT di bawah data tersebut. sehingga muncul halaman baru terlihat pada gambar 7.

Untuk mengeprint , dapat memilih file > print preview > Pastikan page setup sesuai dengan kertas yang akan di print dengan cara klik tombol Page setup format kertas Landscape atau portrait.

Gambar dibawah merupakan print preview Grafik informasi mahasiswa baru pertahun akademik. Gambar 7 adalah grafik pendaftar mahasiswa baru yang diterima dengan angka pendaftar satuan permahasiswa. angka merah yang diatas adalah mahasiswa yang diterima,sedangkan di bawah angka adalah akronim prodi.

7g

Gambar 7

Dibawah merupakan print preview Grafik informasi mahasiswa baru yang ditunjukkan dengan perprodi sekaligus dengan angka mahasiswa dengan pilihan – pilihan mahasiswa.

8g

Gambar 8

 

Selanjutnya untuk mendownlod laporan ini caranya yaitu pilihan tahun akademik lalu prodi. jika mau menampilkan semua prodi maka pilih prodi semua lalu setelah kita memilih prodi tekan tombol PILIH/KLIK DISINI ditunjukkan pada gambar 9. Untuk mendownload data rekap mahasiswa baru yang diambil sesuai dengan database yang telah diinput oleh bagian akademik.

Ada 2 Role untuk fasilitas download rekap mahasiswa baru yaitu Role KAA dan Role Umum.

 

  1. Untuk role KAA terdapat 4 rekap download antara lain :

Download Rekap mahasiswa baru, rekap mahasiswa registrasi, rekap registrasi harian, dan rekap universitas.

  1. Untuk role UMUM terdapat 3 rekap download berupa :

Download rekap mahasiswa registrasi, rekap registrasi harian, dan rekap universitas.

9g

Gambar 9

 

Klik Link Download lalu akan muncul Pop up Save di tunjukkan pada gambar 10. Hasil download terlihat di gambar 11. File download sesuai dengan nama download dengan format xls .apabila kita ingin langsung membuka file yaitu dengan cara mengklik kanan lalu open.

10g

Gambar 10

Hasil export dokumen mahasiswa baru dalam bentuk format Excel.

11g

Gambar 11

  1. Login Calon Mahasiswa

Untuk melihat informasi mahasiwa baru dibutuhkan login Calon Mahasiswa . Form login diperlihatkan pada gambar 1.

  1. Untuk login masukkan Username dan Password dan Kode Security lalu tekan tombol OK.
  • Username isi dengan No pendaftar
  • Password isi dengan tanggal lahir dengan format dd/mm/yyyy contoh : 15/12/1995

 

Jika berhasil login, form Menu Utama aplikasi dimunculkan seperti pada gambar 12. Gambar 12 dibawah ini adalah informasi calon mahasiswa yang diterima Prodi yang didaftar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Disini calon mahasiswa yang diterima dapat melihat Laporan SKPUK ( Surat Ketetapan Pembayaran Uang Kuliah ) lihat gambar 13. Report atau laporan tersebut terlihat ada informasi item antara lain No pendaftaran , Nama Calon Mahasiswa, Program studi , Jalur.

12g

Gambar 12

 

Calon mahasiswa dapat mengetahui informasi angsuran, jumlah uang, tanggal buka pembayaran dan tanggal batas waktu pembayaran, keterangan pembayaran, keterangan lunas atau belum lunas pembayaran, dan tanggal bayar . Calon mahasiswa dapat langsung mencetak report SKPUK dengan mengklik tombol print. Mahasiswa dapat mengetahui informasi tersebut dimanapun mereka berada.

13g

Gambar 13

 

Halaman SKPUK ditunjukkan pada gambar 14. Klik Print untuk mencetak laporan dibawah ini.

 

14g

Gambar 14

Gambar 15 dibawah ini adalah informasi calon mahasiswa yang belum diterima Prodi yang didaftar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

15g

Gambar 15