Tugas dan Fungsi
Deskripsi Fungsi
Deskripsi Fungsi Kantor Sistem Informasi meliputi:
- Mengelola pengembangan sistem informasi universitas;
- Mengelola pengembangan teknologi informasi universitas;
- Mengelola kerjasama sistem informasi dengan pihak eksternal;
- mengelola pengembangan sumber daya manusia (SDM) sistem dan teknologi informasi.
Deskripsi Fungsi Bidang Pengembangan Sistem terdiri dari:
- Melakukan perencanaan dan pengembangan sistem informasi terintegrasi untuk mendukung aktivitas utama dan pendukung Perguruan Tinggi;
- Melakukan perencanaan dan pengembangan layanan analisis dan visualisasi data, seperti Business Intelligence untuk mendukung proses pengambilan Keputusan;
- Melakukan pemeliharaan terhadap sistem informasi yang digunakan oleh pengguna.
Deskripsi Fungsi Staf pada Bidang Pengembangan Sistem
- Staf Pengembangan Sistem Aktivitas Utama
- Mengembangkan dan memelihara Sistem Informasi untuk aktivitas utama Perguruan Tinggi, yaitu PMB, Akademik, Perpustakaan, Pengembangan Softskill, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, dan Lulusan
- Staf Pengembangan Sistem Aktivitas Pendukung
- Mengembangkan dan memelihara Sistem Informasi untuk aktivitas pendukung Perguruan Tinggi, yaitu Pengadaan dan Sarana Prasarana, SDM, Keuangan, Kerjasama dan Promosi, Pengawasan Internal, dan Penjaminan Mutu
- Staf Programmer Interoperabilitas
- Mengembangkan dan memelihara Application Programming Interface yang digunakan untuk interoperabilitas/integrasi antar Sistem Informasi yang ada di Perguruan Tinggi maupun pihak eksternal
- Staf Data Analis
- Mengembangkan dan memelihara layanan analisis dan visualisasi data, seperti Business Intelligence untuk mendukung proses pengambilan keputusan
Deskripsi Fungsi Riset dan Manajemen Mutu terdiri dari:
- Melakukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan riset terkait teknologi baru, sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang ada di Perguruan Tinggi;
- Melakukan aktivitas manajemen mutu untuk setiap proses pengembangan sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi di Perguruan Tinggi;
- Mendokumentasikan hasil-hasil riset terkait teknologi baru, sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang ada di Perguruan Tinggi;
- Melakukan perencanaan dan pengembangan model interaksi antara pengguna dengan , sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang ada di Perguruan Tinggi
Deskripsi Fungsi Staf pada Bidang Riset dan Manajemen Mutu
- Staf Riset
- Melakukan riset terhadap teknologi-teknologi baru yang akan digunakan oleh Perguruan Tinggi
- Melakukan riset terhadap Sistem-Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi yang akan dikembangkan atau telah digunakan di Perguruan Tinggi
- Staf Manajemen Mutu
- Melakukan proses menajemen mutu untuk setiap aktivitas terkait pengembangan Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, maupun Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi
- Staf Technical Writing
- Mendokumentasikan hasil-hasil riset terhadap teknologi-teknologi baru yang akan digunakan oleh Perguruan Tinggi
- Mendokumentasikan hasil-hasil riset terhadap Sistem-Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi yang akan dikembangkan atau telah digunakan di Perguruan Tinggi
- Staf Desainer UI/UX
- Merancang standar model interaksi antara pengguna dengan Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, maupun Infrastruktur Jaringan
- Menyusun template standar model interaksi antara pengguna dan Sistem Informasi
Deskripsi Fungsi Bidang Layanan Pengguna terdiri dari :
- Melakukan pengelolaan dan pengoptimalan pemanfaatan sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang ada di Perguruan Tinggi;
- Melakukan pengelolaan kegiatan pendampingan kepada pengguna terkait pemanfaatan sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi yang ada di Perguruan Tinggi;
- Melakukan pengembangan dan pemeliharaan layanan yang terkait dengan pengelolaan konten di Perguruan Tinggi
Deskripsi Fungsi Koordinator dan Staf pada Bidang Layanan Pengguna
- Koordinator LTI
- Berkoordinasi dengan pranata komputer yang ditempatkan di setiap Kampus/Gedung guna memastikan pelayanan sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi dapat terpenuhi untuk setiap unit di Kampus/Gedung;
- Memetakan permasalahan sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi di Kampus/Gedung;
- Melakukan evaluasi secara berkala bersama dengan pranata komputer yang ditempatkan di setiap Kampus/Gedung terkait sistem informasi, layanan teknologi informasi, dan infrastruktur jaringan dan telekomunikasi di Perguruan Tinggi;
- Melaksanakan tugas lain yang terkait atas perintah Kepala KSI sesuai ketentuan.
- Staf Layanan Pengguna
- Memberikan pendampingan terkait penggunaan Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi yang telah disediakan kepada pengguna di Perguruan Tinggi
- Membantu pengguna dalam menangani permasalahan-permasalahan terkait Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi
- Staf Manajemen Konten dan SDM
- Memberikan sosialisasi terkait Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi yang telah disediakan kepada pengguna di Perguruan Tinggi
- Mengelola Student Staff yang membantu kegiatan pelayanan kepada pengguna melalui Layanan Helpdesk
- Mengembangkan dan memelihara layanan yang terkait dengan pengelolaan konten di Perguruan Tinggi
Deskripsi Fungsi Bidang Infrastruktur, Jaringan dan Telekomunikasi terdiri dari:
- Melakukan perencanaan dan pengembangan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi di Perguruan Tinggi;
- Melakukan monitoring dan optimasi kinerja dan keamanan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi di Perguruan Tinggi.
Deskripsi Fungsi Staf pada Bidang Infrastruktur, Jaringan dan Telekomunikasi
- Staf Infrastruktur Jaringan
- Mengembangkan dan memelihara Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi di Perguruan Tinggi pada level Core, Distribution, dan Access
- Memonitor kualitas layanan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi
- Staf Keamanan TI
- Mengembangkan Sistem Keamanan terhadap Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi
- Menangani Insiden Keamanan terkait Sistem Informasi, Layanan Teknologi Informasi, dan Infrastruktur Jaringan dan Telekomunikasi
- Staf Pusat Data
- Mengembangkan dan memelihara Infrastruktur Server yang digunakan di Perguruan Tinggi
- Melakukan monitoring dan optimasi Infrastruktur Server yang digunakan di Perguruan Tinggi