Manual SPKP untuk Administrator


  1. Halaman Login
  2. Modul Kependidikan
  3. Modul Pendidik
  4. Modul Kehadiran

1. Halaman Login

Alamat Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (SPKP) di http://spkp.uajy.ac.id/

2016-05-31_141957

Aplikasi SPKP sudah menggunakan fitur single sign on. Pegawai dapat login menggunakan account sama SIKEU atau SIMKA dengan Username NPP(Nomor Pokok Pegawai) dan password default NPP (jika belum menggantinya. Setelah berhasil login maka akan menampilkan halaman:

2

2. Modul Kependidikan

a.Submenu Presensi PerPegawai
3
Halaman ini digunakan untuk melihat presensi pegawai kependidikan.
Langkah-langkah :
•Pilih Unit
•Pilih NPP (Nomor Pokok Pegawai)
•Pilih Bulan dan Tahun
4
5
Pada tombol Data Mesin berisikan data presensi yang belum diolah:
6
b.Submenu Presensi PresensiPerUnit
7
Halaman ini digunakan untuk melihat presensi per fakultas. Langkah-langkah:
•Pilih Unit
•Pilih Bulan dan Tahun
8
Pada kolom nama merupakan link jika diklik akan menuju halaman pada presensi pegawai bersangkutan.
c.Submenu Presensi Universitas
9
Halaman ini digunakan untuk melihat keseluruhan presensi unit.
Langkah –langkah:
•Pilih Bulan dan Tahun
10
Pada kolom nama merupakan link jika diklik akan menuju halaman pada presensi per unit bersangkutan.
11
Halaman ini digunakan untuk menginputkan lembur oleh pegawai.
Langkah-langkah:
•Pilih Unit
•Pilih NPP (Nomor Pokok Pegawai)
•Pada kolom approve lembur dapat dipilih (radio button) apakah kegiatan yang over time merupakan lembur atau tidak.
•Jika iya tombol Input Lembur dapat diklik untuk memunculkan kolom untuk menginputkan keterangan lembur
•Klik OK
12
Halaman input lembur :
13
e.Halaman Approve Lembur
14
Halaman ini digunakan untuk meng-approve atau menyetujui lembur yang diinputkan oleh pegawai. Approve dilakukan oleh atasan langsung.
Langkah-langkah:
•Login akan secara otomatis menampilkan pegawai yang menjadi staffnya.
•Pilih NPP dan Nama Pegawai
•Pilih Bulan dan Tahun
•Beri tanda (V) pada kolom Approve Lembur
•Klik Approve Lembur
18
f.Presensi Susulan
16
Halaman ini digunakan untuk menginputkan presensi susulan jika ada kendala dalam mesin presensi. Yang diberikan otoritas dalam peninputkan presensi susulan adalah kepala unit jika merupakan unit dan dekan jika merupakan fakultas.
Langkah-langkah:
•Jika kepala unit/dekan login akan secara otomatis menampilkan staffnya.
•Pilih NPP dan Nama Karywan
•Masukkan tanggal presensi susulan
•Masukkan jam masuk dan jam pulang dengan format Jam: Menit:Detik dengan memilih combobox.
•Masukkan Keterangan jika diperlukan
•Klik tombol Input.
17

3. Modul Pendidik

a.Menu Rekap ACH Perdosen
19
Halaman ini digunakan untuk melihat penilaian hadir kuliah ACH perdosen
Langkah-langkah:
•Pilih Tahun akademik, semeseter, unit dan NPP dosen
•Klik Tampil
•Klik tab untuk melihat ACH lainnya.
20
b.Menu Presensi Perfakultas
Halaman ini digunakan untuk melihat data presensi semua mata kuliah perdosen dan dapat menginput manual presensi dosen
Langkah-langkah:
•Pilih Unit, Tahun akademik, semeseter
•Klik Tampil
•Klik nama dosen untuk melihat lebih detail.
21

22

Halaman ini adalah tampilan transaksi presensi. Disini terdapat fitur entri input manual.
Langkah-langkah:
•Cek baris pertemuan matakuliah yang akan di entry.
Muncul Popup entry tanggal, jam masuk dan jam keluar presensi dosen
23
Masukkan Tanggal, Jam Masuk dan Jam Pulang.
24
c.Menu Pengelolaan Ijin dan Kuliah Pengganti
25
Halaman ini digunakan untuk pengelolaan input ijin dosen mengajar, ganti ruang perkuliahan dan input pengganti kuliah. Yang diberikan otoritas dalam pengelolaan adalah bagian perkuliahan.
Langkah-langkah:
•Pilih Unit/Fakultas
•Pilih Tahun Akademik dan Semester
•Klik Nama Dosen yang dipilih, juga dapat melakukan pencarian dengan memasukkan nama dosen
•Klik Nama Matakuliah yang dipilih
26
Jika diklik salah nama dosen maka akan menampilkan :
27
Jika salah satu matakuliah diklik akan menampilkan halaman :
28
•Maka akan tertampil jumlah pertemuan Matakuliah tersebut.
a.Input Ijin Mengajar
Klik Input Ijin pada table, maka akan menampilkan jendela baru.
29
•Pilih Jenis Ijin
•Masukkan keterangan ijin
•Klik Simpan
•Maka pada table akan berwarna merah
30
b.Ganti Ruang Kuliah
•Klik Ganti Ruang pada table, maka akan menampilkan jendela baru.
•Pilih Ruang yang sebagai penggantian ruang
•Klik Simpan
31
c.Input Kuliah Pengganti
Pada fasilitas input kuliah pengganti terdapat jenis penggantian yaitu tanggal kuliah, jenis penggantian bisa menggunakan sesi atau jam. Jika menggunakan sesi berarti mengikuti jam sesi yang telah disepakati fakultas tersebut . Sedangkan jika menggunakan jam harus memasukkan jam masuk dan jm pulang.
Selanjutnya penggantian ruang kuliah. Terakir adalah jika terjadi penggantian dosen pengampu pada matakuliah tersebut. Langkah – langkah :
•Klik Input Kuliah Pengganti pada table, maka akan menampilkan jendela baru.
•Inputkan tanggal pengganti kuliah
•Pilih jenis penggantian. Jika memilih sesi maka combo sesi akan dapat dipilih, jika pilih jam maka combo jam masuk dan jm pulang akan dapat dipilih.
•Pilih sesi , jika jenis penggantian meilih Sesi
•Pilih Jam Masuk dan Jam Pulang jika Jenis Penggantian memilih jam.
•Pilih Ruang pengganti
•Pilih Dosen pengganti jika dosen pengampu akan diganti.
•Klik SImpan
32
•Jika berhasil maka pada table akan muncul tanda cek(v) hijau. Selanjutnya jika terdapat kekeliruan dapat di edit.
33

4. Modul Kehadiran

a.Ijin Kehadiran
Halaman ini digunakan untuk menginputkan ijin tidak masuk kantor.
34
•Masukkan Tanggal ijin
•Pilih jenis ijin
40
•Masukkan keterangan ijin
•Klik Simpan
b.Cuti
Halaman ini digunakan untuk menginputkan cuti.
35
•Masukkan Tanggal Cuti
•Masukkan jenis cuti
36
•Masukkan keterangan cuti
•Klik Simpan
c.Rekap Ketidakhadiran
Halaman ini digunakan oleh kepada unit atau pimpinan fakultas untuk melihat rekap ketidakhadiran staff. Langkah-langkahnya :
•Pilih Unit jika login sebagai admin, jika login kepala/ pimpinan universitas akan otomatis default unit.
37
d.Approve Cuti
Halaman ini digunakan oleh kepada unit a untuk memberikan persetujuan mengenai cuti yang akan diambil oleh staffnya. Langkah-langkahnya :
•Pilih NPP
•Pilih Bulan
38
•Jika data ada akan tertampil pada table
•Berikan persetujuan dengan memilih Ya / Tidak
e.Approve Ijin Dosen
Halaman ini digunakan pimpinan fakultas untuk memberikan persetujuan mengenai ijin yang akan diambil oleh dosen pada fakultas tersebut. Langkah-langkahnya :
•Pilih NPP
•Jika data ada akan tertampil pada table
•Berikan persetujuan dengan memilih Ya / Tidak
39