User Manual SISPRAS Untuk Unit


  1. Halaman Login
  2. Halaman Home
  3. Pengelolaan Supplies
  4. Pengelolaan Investasi
  5. Pengelolaan Aset
  6. Pemeliharaan

1. Halaman Login

Untuk mengakses fasilitas yang ada di SISPRAS, ketik alamat website http://sispras.uajy.ac.id. Direkomendasikan menggunakan browser Mozilla Firefox untuk tampilan terbaik. Halaman login isikan username dengan Nomor Pokok Pegawai ( NPP ) lengkap menggunakan titik dan isikan password menggunakan login simka atau sikeu kemudian klik tombol Login.

2016-05-30_114903

2. Halaman Home

Home_-_2016-05-30_12.56.55

3. Pengelolaan Supplies

Pada combobox Tahun Anggaran, pilih 2014/2015, seperti pada gambar dibawah ini.

Untuk mengubah nilai jumlah supplies yang hendak dipesan, maka pada kolom Aksi seperti pada gambar diatas klik Pilih. Sehingga detail perencanaan supplies akan muncul seperti pada gambar dibawah ini :

rencana_supplies_-_2016-05-30_12.59.37

Untuk menambah barang dapat melakukan klik pilih barang di datagrid / tabel Pilihan data barang, maka akan tampil popup seperti gambar dibawah ini :

2016-05-30_130128

Silakan mengubah nilai jumlah supplies yang ada dengan mengklik Ubah pada kolom Aksi, jika tidak ada kendala maka akan muncul sebuah pop up seperti pada gambar dibawah ini :

2016-05-30_130048

Jika sudah selesai menginputkan nilai jumlah supplies, maka klik tombol Ubah.

 

Rekap Penggunaan Supplies

Rekap pengadaan Supplies digunakan untuk melihat rencana pengadaan unit berdasarkan tahun anggaran, bulan pengadaan dan total perencanaan.

2016-05-30_130245

Copy Data Perencanaan

Fungsi dari menu ini adalah untuk melakukan proses duplikat data perencanaan supplies dari bulan tertentu dan tahun sebelumnya ke bulan tertentu dan tahun sekarang.

  1. Untuk masuk ke menu Copy Data Perencanaan, arahkan kursor mouse pada Pengelolaan Supplies lalu pilih menu Copy Data Perencanaan.
    copy_supplies_-_2016-05-30_13.03.57
  2. Untuk memulai proses peng-copy-an data, silakan pilih bulan pengadaan yang hendak dicopy. Lalu pada kolom aksi klik.
  3. Jika proses copy berhasil, maka halaman browser akan menampilkan sebuah pop berisi informasi seperti pada gambar dibawah ini :

 

4. Pengelolaan Investasi

_-_2016-05-30_13.05.10

_-_2016-05-30_13.06.51

5. Pengelolaan Aset

Untuk keperluan stock opname menu yang dipilih adalah penempatan aset kemudian pilih sub menu Ubah Informasi Inventaris. Untuk mencari data barang dapat menggunakan filter pencarian. Pilih Unit, ruang, kategori bila diperlukan, nama barang bila diperlukan kemudian klik tombol cari sehingga akan tampil informasi data barang.

_-_2016-05-30_13.08.43

Data yang ditampilkan berdasarkan pencarian yang dilakukan. Untuk melakukan perubahan data, pilih link Ubah di kolom aksi sehingga akan tampil form popup ubah.

_-_2016-05-30_13.16.57

Sementara di tab laporan akan ditampilkan data seluruh master aset berdasarkan unit. Klik tombol Export XLS untuk mengunduh dalam bentuk format excel. Jika data sudah diverifikasi maka data barang tidak dapat diubah. Pengubahan dapat dilakukan oleh pengguna yang memiliki role Admin Aset.

Namun sebaliknya jika status barang belum di verifikasi maka pengguna unit dapat melakukan perubahan data. Ubahlah data master aset sesuai dengan keadaan faktual barang seperti merk, spesifikasi, unit penempatan barang, ruang penempatan barang, status barang ada atau tidak ada, kondisi barang baik atau rusak dan keterangan. Bila data sudah benar maka anda dapat mengklik tombol ubah, data akan tersimpan dengan muncul keterangan informasi data berhasil diubah.

2016-05-30_131759l

6. Pemeliharaan

Blanko pemeliharaan digunakan untuk mengajukan permohonan pemeliharaan ke KPSP. Login sebagi unit lalu pilih ruang kemudian isi kerusakan atau permintaan. Masukkan no FPD. Jika ingin mengetahui FPD sudah sampai dimana dapat tekan tombol status FPD.

_-_2016-05-30_13.20.13

Klik tombol Open / Close Oleh KPSP / Close Confirm di kolom status maka akan menampilkan popup pengelolaan blanko pemeliharaan. KPSP dapat melengkapi data sesuai kebutuhan dan dapat mengubah status di form ini.

2016-05-30_132508